Bahasa Indonesia,  Story Time

7 Hal yang Harus Dipersiapkan Fresh Graduate untuk Melamar Kerja

Hi guys, gue Lazu. Ini bakal jadi post perdana dalam Bahasa Indonesia nih, hehe. Selamat datang di blog minimalis gue ini yaa para netizen dan khususnya para fresh graduate/pemburu kerja.

Menjelang akhir tahun kaya gini biasanya banyak banget para fresh graduate jebolan univ-univ tanah air kita. Nah biasanya setelah lulus hal-hal yang harus dipersiapin adalah berkas-berkas untuk melamar kerja.

Semuanya yang gue tulis disini berdasarkan pengalaman pribadi dan menurut gue sangat membantu dalam proses melamar kerja gue. Terutama saat melamar secara online yang pastinya dilakukan oleh semua perusahaan sebagai tahapan awal proses rekrutmen mereka.

Nah, pada postingan kali ini gue mau ngasih tau ada 7 hal yang harus dipersiapin untuk melamar kerja. Kuyy lah langsung aja dibahas.

1. Fotokopi dokumen + legalisir

Pertama banget yang harus disiapin adalah fotokopi dokumen dan legalisirnya. Termasuk diantaranya adalah ijazah, transkrip nilai, dan akreditasi jurusan & universitas (bagi pelamar CPNS).

Selagi mempersiapkan dokumen-dokumen diatas, penting juga untuk mengurus SKCK di kantor polisi, bahkan kalo mau totalitas sekalian aja mengurus NPWP di kantor pajak. Hehe.

2. Scan semua dokumen + compress file

Setelah semua dokumen diatas terkumpul, jangan lupa buat di scan semuanya. Gunakan dokumen asli buat yang di-scan yaaa!

Dokumen yang penting buat di scan:
1. KTP
2. KK
3. Akte Kelahiran
4. Ijazah
5. Transkrip Nilai
6. Akreditasi jurusan & univ BAN-PT
7. Sertifikat Bahasa (TOEFL, IELTS, HSK, TOPIK, JLPT, dll)
8. Passport (siapa tau mau melamar ke luar negeri :D)
9. SKCK
10. NPWP
11. Dokumen penunjang lainnya

Intinya sih, semua dokumen yang umumnya diperlukan buat keperluan melamar kerja, wajib banget buat di-scan. Setelah itu, semua dokumen di-compress size-nya. Biasanya perusahaan/instansi hanya menerima ukuran file dibawah 1MB. Kalo gue pribadi, rata-rata ukuran file-nya kisaran 100kb – 500kb.

While you’re at it, sekalian aja file-nya di rename menjadi Nama Lengkap_Jenis Dokumen. Selain mempermudah dalam mencarinya di kemudian hari, they look professional too, don’t they?

Buat gambaran, ini penampakan nama file gue:

Gimana, OK kan?

3. Bikin ringkasan laporan penelitian

Sering kali, perusahaan suka meminta ringkasan isi penelitian kita. Baik skripsi maupun laporan KP. Dari pada nulisin hal yang sama over-and-over-again, mending langsung aja bikin ringkasan penelitian kita dan ketika dibutuhkan tinggal copy&paste sesuai kebutuhan.

4. Bikin master file CV & Cover Letter

Naaah, sering banget orang HR bilang kalo isi CV dan cover letter disesuaiin sama bidang yang dilamar.

Identify what’s most important to the company and tailor it to the job description.

Jangan sampai apapun bidang yang di lamar, isinya sama aja. Jadi sediakan template CV dan cover letter kalian yang isinya sudah mencakup bidang keahlian, minat, dan pencapaian. Dan ketika melamar ke beberapa perusahaan dengan bidang kerja berbeda pula, isi CV dan cover letter tinggal disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan yang tetap relevan dengan kemampuan kalian.

5. Simpan data diri pada 1 dokumen

Program yang digunakan untuk menyimpan data diri bisa Ms. Word atau Notepad. Isi untuk keperluan data diri ini berkisar dari nomor NIK, nomor KK, nomor ijazah, nilai NEM SD/SMP/SMA, nomor sertifikat, nomor rekening, dll.

Fungsinya sama seperti bikin ringkasan penelitian, tapi untuk yang ini lebih berfokus pada nomor-nomor penting yang boleh dibilang terikat dengan kita. Jadi, ketika dibutuhin dikemudian hari, tinggal copy&paste aja.

Kurang lebih kaya gini lah…

6. Siapkan pas foto

Pas foto juga banyak diminta ketika melamar kerja. Siapin aja berbagai jenis pas foto seperti pas foto hitam-putih, pas foto berwarna background putih, dan pas foto berwarna background merah atau biru. Terkadang foto full body juga diminta, ga ada salahnya juga nyimpan foto full body kan? Tapi jangan bergaya aneh-aneh yaa :p Trus, jangan lupa size-nya juga di compress~

7. Buat 1 folder “dokumen lamaran kerja”

Setelah semuanya dokumen lengkap dengan segala macam perwujudan ini, tahap terakhir adalah dengan menyimpan semuanya di 1 folder. So, next time you guys are applying for a job, semua file udah tersedia.

Jangan hanya simpan di laptop kalian aja, tapi semua file ini juga perlu di backup. Baik di cloud (Google Drive, Dropbox, OneDrive), di flash-disk, maupun hard-disk kalian. Jaga-jaga aja kalo laptop kalian ketinggalan gitu kan… Better be safe than sorry guys.

Sekian dulu postingan perdananya, semoga membantu dan semoga sukses semuanya!

3+

One Comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.